Cara Mudah Mencari Android yang Hilang

Update Wednesday, May 13, 2015 at 2:47 PM. Dalam topik Android,Android Device Manager,Android yang Hilang

Anda pernah kehilangan perangkat Android Anda? Atau malah sedang mengalaminya sekarang? Eits, jangan panik dulu, masih ada solusinya. Banyak faktor yang menyebabkan hilangnya perangkat Android, entah itu karena lupa menaruhnya, terselip, jatuh, atau bahkan dicuri. Adapun cara untuk melacak perangkat Android Anda yang hilang, yakni dengan bantuan aplikasi Android Device Manager. Ya, meskipun aplikasi ini tidak menjamin perangkat Android Anda kembali, tapi setidaknya data-data penting yang ada di perangkat Anda tidak akan bisa diakses oleh tangan-tangan jahil. Apa saja cara mencari Android yang hilang? Yuk, kita simak!

Cara Mudah Mencari Android yang Hilang

Mencari Android yang Hilang


Menggunakan Android Device Manager

Android Device Manager merupakan sebuah aplikasi terbaru besutan Google yang berfungsi untuk melacak keberadaan perangkat Android yang hilang. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melacak keberadaan perangkat Android Anda melalui bantuan Google Maps dan memberikan informasi dimana posisi terakhir ponsel Anda. Melalui aplikasi ini Anda juga bisa mengunci layar, mengganti pin, dan menghapus data-data yang ada di dalam perangkat Android secara remote. Saat pertama kali menggunakan Google Play, aplikasi ini biasanya sudah terinstall pada perangkat Anda tanpa Anda sadari. Anda bisa mengakses aplikasi ini di https://www.google.com/android/devicemanager, login dengan akun Google pribadi Anda.

Android Device Manager

Penggunaan aplikasi ini tentunya dengan syarat Anda harus terhubung dengan jaringan internet dan GPS yang selalu aktif. Dengan begitu, aplikasi ini akan bekerja melacak keberadaan perangkat Android Anda. Aplikasi ini memang tidak bisa melacak keberadaan perangkat Android secara akurat, apakah lokasinya ada di kamar atau di ruang tamu Anda karena akurasinya yang agak lebar sekitar 25 meter. Akan tetapi paling tidak Anda bisa tahu apakah perangkat Anda benar-benar ada di rumah atau malah tempat lain.

Di dalam aplikasi Android Device Manager tersebut, ada beberapa fitur yang tersedia, salah satunya adalah fitur Ring. Bila perangkat Android Anda dalam kondisi di-silent, Anda bisa mengaktifkan nada dering Anda melalui fitur Ring ini. Anda cukup mengaktifkan fitur Ring ini, maka perangkat Anda akan bordering dengan volume maksimal dalam waktu 5 menit dan Anda bisa mencari sumber suara perangkat Anda selama waktu tersebut, jika memang perangkat Anda kemungkinan berada di rumah. Selama perangkat Anda masih full baterainya, Anda bisa membunyikannya terus hingga Anda menemukan perangkat Anda.

Cara kerja fitur Ring ini mirip seperti miss-call pada kebanyakan ponsel, hanya saja perangkat harus terhubung dengan internet agar bisa mengaktifkan fitur Ring ini.

Android Device Manager

Bila dengan fitur Ring tersebut perangkat Anda belum berhasil ditemukan, Anda bisa menggunakan fitur lainnya yang ada di aplikasi Android Device Manager, yaitu fitur Lock. Anda bisa menjalankan fitur Lock dengan cara menekan menu Lock lalu isikan password akun Google Anda, maka Android Device Manager dengan segera akan mengirimkan perintah untuk mengunci perangkat Android Anda yang hilang. Jadi bila ada orang yang menemukan perangkat Anda, orang tersebut tidak akan bisa mengakses perangkat Anda karena hanya Anda yang tahu password yang Anda gunakan untuk membuka kunci perangkat Android Anda.

Android Device Manager

Kalau memang sudah tak ada harapan lagi perangakat Android akan ketemu, Anda sebaiknya mengikhlaskannya. Anda bisa menggunakan fitur terakhir dalam Android Device Manager, yaitu fitur Erase untuk menghapus semua data-data pribadi Anda yang ada dalam perangkat Android Anda yang hilang. Khusus untuk fitur Lock dan Erase, terlebih dulu Anda harus mengaktifkannya dengan cara meng-klik Setup Lock & Erase. Tunggu beberapa saat hingga Google mengirimkan pesan pemberitahuan ke perangkat Anda. Pastikan permintaan akses administratif pada Lock dan Erase ini sudah diberi tanda centang lalu tekan tombol back yang ada di perangkat Anda. Setelah Anda melakukan Wipe, Anda tidak akan bisa lagi menjalankan fitur Ring dan Lock karena perangkat Android Anda yang sudah hilang tersebut akan dikembalikan ke kondisi semula (factory reset) seperti waktu pertama kali Anda membelinya.

Android Device Manager

Anda pasti berpikir dan bertanya-tanya bila ada orang yang menemukan perangkat Anda lalu mengambil dan mengganti SIM Card yang ada di perangkat Anda, lalu bagaimana? Mungkinkah Android Device Manager masih tetap berfungsi? Ya, Android Device Manager akan tetap berfungsi selama orang yang mengambil tersebut tidak melakukan hard-reset pada perangkat Android Anda. Meskipun SIM Card diganti lalu perangkat dinyalakan dan dikoneksikan dengan internet, Android Device Manager akan tetap bisa berfungsi. Akan tetapi bila Anda sudah menggunakan fitur Lock pada perangkat Anda, maka perangkat tidak akan bisa diakses oleh orang tersebut. Dan bila orang tersebut sudah melakukan hard-reset, lalu mengganti SIM Card Anda dan mengakses internet, maka fitur yang ada dalam Android Device Manager (Ring, Lock, dan Erase) tidak akan bisa dijalankan. Itu berarti Anda harus benar-benar kehilangan dan merelakan perangkat Anda berpindah ke tangan orang tersebut, tapi setidaknya Anda sudah menghapus data-data pribadi Anda yang tersimpan di dalamnya, sehingga Anda tak perlu khawatir lagi.