Penyebab Gadget Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Update Wednesday, June 10, 2015 at 1:59 PM. Dalam topik Android,Cara Mengatasinya,Gadget Cepat Panas

Salah satu masalah pada gadget yaitu masalah suhu cepat naik pada gadget tersebut. Mungkin baterainya yang panas terlebih dahulu kemudian merambat ke perangkat lain dan yang paling parah yaitu ketika processornya panas bahkan terbakar. Sama seperti alat elektronik yang lain misalnya laptop, gadget smartphone juga bisa panas jika digunakan terlalu lama. Namun pada laptop terdapat pendingin atau kipas yang tertanam di dalamnya sehingga suhu dapat dikurangi, berbeda pada gadget smartphone yang tidak terdapat pendingin sehingga jika suhu meningkat maka suhu akan susah untuk diturunkan.

Penyebab Gadget Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Gadget Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Panas pada gadget tersebut disebabkan karena beberapa hal. Untuk menghindarinya maka anda bisa mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya dan setelah itu baru anda bisa mengatasinya dengan mudah. Berikut ini beberapa penyebab gadget cepat panas sekaligus cara untuk mengatasinya.

Terlalu Berlebihan Dalam Penggunaan

Banyak orang menyiksa gadgetnya dengan menggunakannya terus menerus tanpa henti dan menjalankan banyak aplikasi. Hal itu sangat buruk dampaknya bagi gadget tersebut. Suhu akan cepat meningkat dikarenakan processor dituntut untuk bekerja lebih cepat sehingga akan menjadi panas lebih cepat pula. Oleh karena itu untuk menghindarkan suhu cepat panas maka anda bisa menutup aplikasi yang tidak digunakan dan tidak memaksa gadget untuk bekerja terus menerus.

Sinyal Buruk

Ketika anda berada di daerah yang susah terjangkau sinyal maka anda akan merasakan suhu gadget smartphone anda akan lebih cepat meningkat. Hal itu dikarenakan gadget akan bekerja lebih ekstra untuk menangkap sinyal secara terus menerus. Ini menyebabkan suhu processor menjadi lebih cepat panas. Oleh karena itu ubah ke flight mode ketika anda berada di daerah yang susah terjangkau sinyal.

Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang

Kebanyakan orang lupa menutup aplikasi yang baru dibuka, dengan kata lain orang tersebut hanya meminimize tanpa menutupnya sehingga aplikasi tersebut masih berjalan di latar belakang. Jika aplikasi yang berjalan sudah menumpuk dan terlalu banyak pasti akan memberatkan kinerja dari processor dan RAM, nah hal yang berat tersebut pasti akan membuat perangkat menjadi meningkat suhunya. Oleh karena itu sebaiknya anda selalu membersihkan aplikasi yang berjalan di latar belakang, jika ingin lebih mudah silahkan dengan menggunakan aplikasi cleaner RAM yang bisa anda download di app store.

Baterai

Baterai ternyata juga menjadi penyeba utama suhu gadget cepat panas. Ini disebabkan jika misalnya baterai gadget anda sudah bermasalah, ataupun karena anda salah dalam pengisian ulang. Ketika anda mengisi ulang sebaiknya jangan sambil menggunakan gadget tersebut, kemudian jangan pernah meletakkan gadget di bantal ataupun tempat yang empuk karena tempat tersebut dapat membuat gadget menjadi panas.