3 Cara Mengatasi Komputer Yang Tidak Mau Booting

Update Thursday, April 7, 2016 at 5:59 PM. Dalam topik Komputer,Tips Trik

Pernahkah Anda mengalami permasalahan sewaktu hendak menyalakan komputer tiba-tiba komputer gagal melakukan proses booting, komputer tidak bisa booting dan muncul blue screen dengan menampilkan pesan error atau komputer bisa booting tapi setelah beberapa saat restart lagi? Jika Ya, apa yang biasanya Anda lakukan? Pasti yang terlintas dalam pikiran Anda adalah melakukan install ulang pada sistem operasi Anda bukan? Memang benar cara tersebut lebih mudah, namun prosesnya lebih ribet sekaligus memakan waktu yang lama. Berikut beberapa pengalaman Gadget Tekno Hp, ada 3 cara mengatasi komputer yang tidak mau booting, Anda bisa melakukannya, sebelum Anda memutuskan untuk menginstall ulang sistem operasi Anda, yaitu :

Berikut 3 Cara Mengatasi Komputer Yang Tidak Mau Booting

1. Safe Mode
Bila komputer tidak mau booting, Anda bisa mencoba untuk melakukan booting lewat Safe Mode. Bila sistem operasi yang Anda gunakan adalah Windows 7, cara booting ke Safe Mode yaitu pertama, restart komputer Anda tekan dengan cepat tombol F8 pada keyboard. Maka akan muncul panel dengan beberapa opsi, pilih opsi Safe Mode. Bila dengan Safe Mode ini Anda bisa masuk ke Windows, itu artinya letak permasalahan yang menyebabkan komputer Anda tidak mau booting adalah driver atau aplikasi yang bermasalah sehingga membuat crash. Bisa juga diakibatkan oleh virus yang menyerang ke aplikasi atau sistem Windows.

Cara Mengatasi Komputer Yang Tidak Mau Booting

2. Bantuan CD/DVD
Bila dengan Safe Mode komputer masih tidak bisa masuk ke Windows, Anda bisa menggunakan cara lain yaitu dengan bantuan CD/DVD installer Windows. Coba lakukan booting dengan memasukkan CD/DVD installer Windows tersebut lalu lakukan perbaikan (repair) pada sistem Windows. Apabila muncul pesan bootmgr is missing, maka coba Anda masuk ke command prompt. Pada jendela command prompt, silahkan ketikkan bootrec /fixboot. Bila sudah, lakukan restart komputer.
Cara Mengatasi Komputer Yang Tidak Mau Booting

Cara Mengatasi Komputer Yang Tidak Mau Booting

3. Booting dari Linux
Bila masih belum berhasil juga, coba Anda lakukan booting dengan bantuan CD Linux (Ubuntu, Linux Mint, dll.). Bila dengan bantuan CD Linux ini Anda bisa masuk ke sistem Linux, berarti letak permasalahannya ada pada Sistem Operasi Windows Anda. Bila memang Windows Anda yang bermasalah, maka Anda bisa melakukan install ulang pada Windows Anda. Namun, bila dengan bantuan CD Linux masih belum bisa masuk sistem juga, sebaiknya Anda mengambil langkah terakhir, yakni pergi ke tempat service komputer untuk memeriksa bagian hardware komputer Anda.

Cara Mengatasi Komputer Yang Tidak Mau Booting