Pengertian dan Kegunaan Chatting untuk Manusia

Update Wednesday, April 13, 2016 at 12:38 PM. Dalam topik Komputer,Teknologi,Tips Trik

Pengertian dan Kegunaan Chatting – Chatting merupakan salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh pengguna jaringan internet. Konon, menurut data statistik, sebanyak 79 % pengguna internet yang ada di seluruh dunia sudah pernah memanfaatkan fasilitas chatting untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna internet. Sayangnya, meskipun persentase pengguna fasilitas messaging yang satu ini tergolong cukup besar, nyatanya masih ada banyak orang yang belum mengetahui pengertian dan kegunaan chatting yang sebenarnya.

Lantas apa sih sebenarnya pengertian dan kegunaan chatting yang ada di jaringan internet saat ini? 

Pengertian dan Kegunaan Chatting untuk Manusia

Pengertian Chatting
Pada dasarnya, chatting dapat diartikan sebagai kegiatan saling berkirim pesan teks antar sesama pengguna jaringan internet dengan memanfaatkan fasilitas / flatform chatting tertentu. Jadi di dunia chatting, Anda hanya dapat menghungi orang – orang yang sedang menggunakan / terhubung dengan jaringan internet saja. Selain itu, orang yang ingin Anda hubungi melalui media chatting juga harus aktif di media chatting yang Anda gunakan. Beberapa media chatting populer yang ada pada saat ini sendiri yaitu : Facebook Messenger, Yahoo Messenger, G talk, dll.

Kegunaan Chatting untuk Pengguna Internet
Pada dasarnya, kegunaan chatting hanyalah sebagai salah satu alternatif media komunikasi antar pengguna jaringan internet. Meskipun begitu, jika dirinci secara lebih medalam kegunaan chatting dapat dijabarkan sebagai berikut :

Media Komunikasi Bisnis
Kegunaan chatting yang pertama adalah sebagai media komunikasi untuk aktivitas bisnis. Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini aktivitas komunikasi di dunia bisnis sudah bisa dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet. Nah, selain menggunakan email, para pebisnis (terutama yang bergerak di dunia internet marketting) saat ini juga memanfaatkan berbagai macam situs web atau pun aplikasi chatting yang banyak tersedia di perangkat gadget.

Media Komunikasi Proses Belajar - Mengajar
Kegunaan chatting yang ke dua adalah sebagai media komunikasi untuk aktivitas belajar mengajar. Hampir sama seperti poin yang pertama, saat ini dunia pendidikan juga sudah mulai dijalankan melalui jaringan internet. Saat ini ada banyak sekali aktivitas belajar mengajar yang dilakukan hanya dengan menggunakan jaringan internet seperti kuliah online, kursus bahasa Inggris online, webinar, dll.

Media Komunikasi Dakwah
Kegunaan chatting untuk pengguna internet yang ke tiga adalah sebagai media komunikasi dakwah. Jika pada zaman dahulu, aktivitas dakwah hanya dijalankan dengan menggunakan media komunikasi langsung di rumah – rumah ibadah dan juga media tertulis, saat ini aktivitas dakwah sudah banyak dijalankan dengan memanfaatkan berbagai macam fasilitas yang ada pada jaringan internet seperti email, mailing list, website, jejaring sosial, dan juga media chatting.

Media Konsultasi
Kegunaan chatting untuk pengguna internet yang ke empat adalah sebagai media konsultasi. Hampir sama seperti tiga kegunaan chatting yang sebelumnya, kegunaan chatting yang satu ini juga masih terkait dengan aktivitas komunikasi. Bedanya, jiga di tiga poin yang sebelumnya bidang komunikasi yang dibahas adalah bidang bisnis, pendidikan, dan dakwah, di poin terakhir ini yang dibahas adalah permasalahan yang belum terpecahkan (baik itu permasalahan kesehatan, permasalahan komputer, permasalahan psikologis, dll).

Pengertian dan Kegunaan Chatting untuk Manusia

Demikianlah sedikit tulisan mengenai pengertian dan kegunaan chatting untuk manusia yang bisa kami bagikan kepada Anda. Perlu kami ingatkan, meskipun chatting memiliki banyak sekali kegunaan, jika digunakan dengan sembrono, chatting juga dapat menyebabkan berbagai macam hal negatif yang tidak diinginkan. Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya hal – hal negatif tersebut, sudah sepantasnya jika kita menggunakan fasilitas chatting dengan sebaik – baiknya.